Mengenal Wahana Edukasi Tanaman Obat Universitas Jember

herbal medicine unej
Pintu Gerbang Wahana Edukasi Tanaman Obat (Herbal Medicine) UNEJ

Tulisan ini dibuat untuk menjadi draft master Lomba SEO UNEJ 2015 :D…. kata kuncinya adalah ‘Herbal Medicine’. Tentu saja saya lumayan riweh dengan topik tersebut, maklum untuk bisa dilombakan idealnya kata kunci yang dipilih adalah kata kunci yang sekiranya sudah lumayan banyak di UNEJ. Jadi dari awal planning lomba, dugaan saya ya misalnya mobil listrik, mocaf, beras cerdas, dll. Positive thinking saja, siapa tahu dengan kata kunci ini potensi UNEJ yang lain bisa menjadi nge-hit he..he.. mulailah saya bergerilya untuk mencari master tulisan. Tentu saja ‘sasaran’ saya yang pertama adalah Pak Amrun (Fakultas Farmasi UNEJ) yang pernah jadi pemenang lomba blogger UNEJ-Telkomsel, dan di saat yang hampir bersamaan saya juga mengontak ‘sedulur lanang’ saya yang lain Mas Antonius (Fakultas Farmasi UNEJ juga). Singkat cerita, saya mendapatkan bahan tulisan yang saya jadikan master artikel ini. Catatan, hampir 90% dari tulisan ini saya ambil persis dari leaflet Wahana Edukasi Tanaman Obat Universitas Jember. Mau improvisasi juga belum bisa, lha wong saya saja belum berkunjung ke wahana tersebut :).

Langsung saja… berikut kutipannya:

Universitas Jember (UNEJ) diakui secara nasional merupakan salah satu di antara 62 perguruan tinggi negeri yang mengalami perkembangan sangat signifikan menjadi universitas unggulan di Indonesia. Didirikan pada tahun 1964, Universitas Jember adalah satu-satunya universitas negeri di Jawa Timur yang berada di kawasan dengan basis kehidupan agriculture dan terus mengalami dinamisasi zaman menjadi universitas yang modern dan multikultural serta mengedepankan semangat harmonisasi dalam kehidupan kampus. Kondisi masa depan yang diidamkan oleh seluruh komponen di UNEJ adalah menjadi universitas unggul dalam pengembangan sains, teknologi, dan seni yang berwawasan lingkungan, bisnis, dan pertanian industrial.

herbal medicine unej

Wahana Edukasi Tanaman Obat dirancang untuk menampilkan sarana wisata yang berbasis edukasi dari anak-anak usia dini sampai masyarakat umum. Wahana ini diharapkan dapat memberikan pembelajaran tentang segala aspek tanaman obat (medicinal plants) dengan tetap memperhatikan keserasian dan kelestarian lingkungan kebun. Wahana ini selain menjadi sarana wisata dan edukasi untuk masyarakat, juga sebagai sarana yang mendukung penelitian dari berbagai disiplin ilmu yang ada di Universitas Jember (UNEJ). Wahana ini terdiri dari kebun tanaman obat, gedung rimpang sebagai display pemanfaatan tanaman obat, dan green house sebagai etalase tanaman obat dan tanaman hias (anggrek) yang diharapkan dapat menjadi wahana edukasi di wilayah Jember dan sekitarnya yang memiliki keunikan tersendiri.

Wahana Edukasi Tanaman Obat tersebut, diharapkan dapat menjadi aset strategis Universitas Jember yang tidak hanya bermanfaat bagi warga kampus tetapi juga bermanfaat bagi masyarakat dan pemerintah, yakni:

  1. Menjadi sarana penunjang kegitan tridarma terpadu bagi civitas akademika Universitas Jember dan perguruan tinggi lainnya.
  2. Menjadi wahana pendidikan dan pelatihan bagi masyarakat yang diharapkan dapat selalu memberikan informasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang up to date dan dinamis.
  3. Membantu pemerintah dibidang pengembangan agrowisata yang berbasis pendidikan dan pertanian industrial, sehingga mampu menggerakkan roda perekonomian wilayah yang diharapkan dapat menyediakan lapangan kerja dan meningkatkan pendapatan serta kesejahteraan masyarakat.

Bagi anda yang tertarik untuk berkunjung ke Wahana Edukasi Tanaman Obat Universitas Jember berikut adalah peta lokasi yang bisa anda pergunakan sebagai panduan perjalanan:

herbal medicine unej

Wahana Edukasi Tanaman Obat Universitas Jember juga sudah dilengkapi berbagai fasilitas untuk menunjang kenyamanan pengunjung, yang dalam jangka panjang tentu saja fasilitas-fasilitas ini akan terus ditambah.

herbal medicine unej
Denah Wahana Edukasi Tanaman Obat UNEJ

Terima kasih kepada rekan dan sahabat saya Pak Amrun dan Mas Anton dari Fakultas Farmasi UNEJ yang telah memberikan baik informasi lisan, bahan tulisan, dan foto dokumen yang saya gunakan untuk membuat artikel ini. Semoga saja suatu hari saya diajak main-main kesini :).

Referensi:

Leaflet Wahana Edukasi Tanaman Obat Universitas Jember (1, 2)

agroteknopark.unej.ac.id

4 thoughts on “Mengenal Wahana Edukasi Tanaman Obat Universitas Jember

  1. Semoga wahana edukasi tanaman universitas jember bisa menjadi solusi herbal medicine yang bermanfaat bagi masyarakat luas dan memberikan kontribusi positif dalam mengembangkan obat herbal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *